Wednesday, October 2, 2013

Ternak Kenari dengan Kang Sabar

Ternak Kenari dengan Kang Sabar.. Aloo kawan-kawan penggemar burung kenari.. lama nih ndak posting lagi.. setelah postingan terakhir tentang Kenari AF Umur 4 Bulan. Kali ini coba menuliskan tentang ternak kenari dengan kang sabar. Namun jangan keliru persepsi eaa.. bahwa dalam tulisan ini akan membahas bagaimana cara ternak kenari. Ternak kenari secara garis besar sudah disampaikan dalam tulisan di media yang sama ini dengan judul Ternak Kenari. Dan juga sudah banyak kok yang nulis akan hal apa dan bagaimana cara ternak kenari. 

Ternak Kenari dengan Kang Sabar. Bagi para pemula seperti saya ini...dalam ternak kenari hasrat untuk segera menimang momongan dari sepasang kenari yang baru kita miliki sangat tinggi. Ekspektasi pokoknya melambung tinggi, disertai angan-angan apabila setelah menetas bisa segera dijual dan menghasilkan uang. Bagi saya hal tersebut sah-sah saja, karena hal tersebut bisa memacu agar bisa berhasil dalam ternak kenari. Namun, yang perlu diingat adalah ekspektasi atau harapan bolehlah tinggi tapi harus yang proporsional. Karena hal ini akan berakibat.. pada diri kita apabila asa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Bisa jadi karena ekspektasi terlalu tinggi maka ketika hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan asa, maka yang ada hanyalah sebuah kekecewaan yang mendalam. Apalagi dalam berawal mula ternak kenari kita sudah bermodalkan Indukan (pejantan dan betina) yang harganya fantastis. Siap-siap aja dech.. "nggantung diri di rumput yang bergoyang" hihihih. So untuk itu kita sangatlah memerlukan kehadiran Kang Sabar dalam ternak kenari ini. Kang Sabar wajib dan sangat diperlukan kehadirannya dalam setiap lini ternak kenari. Setiap lini tersebut adalah meskipun kita punya modal banyak.. kalau sebagai pemula kita wajib sabar membelanjakannya dalam pembelian kenari. Sabarlah jangan terbawa hawa nafsu atau ingin seperti kawan-kawan yang mempunyai indukan yang mahal. Belilah Indukan yang relatif murah dulu sebagai sarana dan prasarana belajar ternak kenari. Karena apa, kita harus ingat bahwa kenari adalah makhluk yang bernyawa yang mana kondisi burung tidak selamanya bagus. Adakalanya burung tersebut terserang sakit, diserang tikus, bisa lepas dari sangkar karena kelalain kita dalam menutup pintu, bahkan mati. Melihat hal tersebut, kalau itu terjadi maka kita tidak akan kecewa berat karena kehilangan burung kenari. Kecewa pastinya sih ada, tapi apabila kenari kita harganya relatif murah maka kita bisa meminimalisisr rasa kecewa itu. 

Terus lini yang lain dimana kehadiran kang Sabar juga dibutuhkan adalah dalam proses penjodohan. Tidak selamanya proses penjodohan itu langsung jadi. Tapi harus melalui beberapa fase yang harus dilewati. Sehingga, dalam hal ini kita harus sabar untuk senantiasa mengamati atau mempelajari kenapa proses penjodohan itu tidak berhasil. Selain itu, ketika proses penjodohan berhasil dan si betina sudah berhasil bertelur dan mengerami telurnya.. kita juga dituntut untuk sabar menunggu detik detik penetasan. Maksudnya adalah kadang kita sebagai pemula sering berkata dalam hati.. "wah kok lama ea netasnya" Nah, kalau kita sering bersikap seperti itu, memang waktu 2 minggu akan terasa lama, tapi apabila kita bersabar atau dengan kata lain mengalir apa adanya.. waktu 2 minggu ntu tak akan lama kok.. yakine duechh.. he.e.he..he..

Ok. bro.. ternak kenari ternyata juga diperlukan kehadiran Kang Sabar eaaa... maaf lho ini bukan bermaksud menggurui atau apalah istilahnya bro.. karena saya sendiripun masih benar-benar pemula.. Hal ini tertulispun karena berdasarkan pengalaman pribadi saya..hihi.. ya maaf kalau ini curcol...hihi.. Pokoknya ini hanyalah sekedar Waton Tulisan aja bro.. ndak ada maksud untuk menjadi seorang guru kok...hihihihi.. . 

4 comments:

  1. Kirim ke banjarmasin iso ra?
    Kapan2 tak mampir pas muding.
    Omahku blimbingsari ming nyambute gawe neng banjarmasin.
    Karo daftar kenari sing meh didol ndi ae kok raono

    ReplyDelete
  2. Kirom banjarmasin iso ra kang?
    Nek iso kpn2 tak mampir milih manuke, niate januari mudik, omahku cedak mirota kampus.
    Jane nek diupload gambar2 sing meh disol lewih wangun kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo om..untuk meh disol..saat ini kosong om so..ndak aplud gambar hh.eh.he..

      Delete
  3. Kirim ke jakarta + ongkir berapa gan

    Salam
    Widi

    ReplyDelete