Sunday, September 8, 2013

Jemur

Jemur
Jemur momongan ehm.. sebuah rutinitas yang wajib dilakukan oleh para kicaumania. Jemur disini bukan berarti harus di jemur seharian, tetapi di jemur secukupnya. Lama dan tidaknya tergantung karakter burung dan kebiasaan burung tersebut. Jadi tidak semua burung bisa dilakukan ritual penjemuran dengan waktu yang sama. Proses penjemuran ini diusahakan tiap hari, namun apabila berhalangan karena harus berangkat kerja atau ada acara yang tidak bisa ditinggalkan, penjemuran bisa dilakukan pada saat libur. Bahasa lainnya seminggu sekali pun bisa dilakukan. Terpaksanya pagi ndak bisa, waktu penjemuran bisa dilakukan sore hari, kala cahaya matahari sudah mulai menghangat. Meskipun kalau dibandingkan di pagi hari,  proses penjemuran lebih sehat apabila dilakukan pada waktu pagi hari.

Jemur ini perlu dilakukan karena, antara lain: di alam liar burung-burung sering juga melakukan proses jemur ini sekaligus mandi untuk merapikan bulu, sehingga hal ini perlu dilakukan pula terhadap burung kesayangan kita yang ada di sangkar, apabila kalau kondisi ruangan untuk menaruh kandang dalam kondisi lembab, maka hal ini harus dilakukan. Manfaat lainnya adalah untuk menguatkan bulu-bulu burung tersebut sehingga burung peliharaan kita tampak cantik. Selain berfungsi untuk menyehatkan burung peliharaan kita, proses jemur ini juga mampu membersihkan bakteri bakteri yang tinggal dikandang burung serta mengurangi kelembaban kandang burung. Dengan kandang yang bersih dan tidak lembab maka hal tersebut juga akan membawa dampak langsung kepada burung kesayangan kita yaitu kesehatan burung juga akan tetap terjaga dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kandang itu sendiri.

Jemur
Waktu penjemuran seperti telah sedikit disinggung di atas untuk tiap burung berbeda karakter. Tidak semua burung harus dijemur dengan waktu yang sama. Berikut sedikit contoh sebatas utk gambaran burung apa saja yang bisa dijemur lama atau tidak. Yang hanya cukup dijemur durasi waktu 1 jam s/d 2 jam antara lain; kenari, love bird, anis merah, sulingan.. dan lain lain.. sedangkan durasi lama antara lain pentet atau cendet. Namun contoh di atas bukan patokan baku, karena ada beberapa karakter burung terutama burung lomba ada yang masuk di proses penjemuran dengan durasi tidak lama, tapi karena sudah kebiasaan bisa jadi dijemur dalam durasi waktu yang lama.

Ok.. bro.. itu dulu eaa tulisan ini.. lha wong sekedar waton tulis saja.. jadi kalo ada salah atau kurang pas mohon dimaaf.. bukan bermaksud menggurui.. tapi hanya sekedar berbagi waton info sajah.. ok.. selamat berjemur ria.. tapi jangan lama lama eaa ntar malah gosong tuch badaan..wkk.wkk..

No comments:

Post a Comment