Sunday, June 9, 2013

Tips Mengatasi Kenari Yang Tidak Mau Bertelur di Sarang

Tips mengatasi kenari yang tidak mau bertelur di sarang. Kadang kala dalam beternak kenari menghadapi beberapa kendala salah satunya adalah kenari yang tidak mau bertelur di sarang. Sempat kemarin di sebuah grup ada yang menanyakan hal tersebut. Namun, karena kemarin jarang ol.. maka untuk jawaban pastinya belum bisa didapatkan bagaimana mengatasi masalah seperti itu. Ndilalah.. pas ada tamu datang ke rumah untuk beli suntikan lolohan, kita share bareng apa dan bagaimana ternak kenari. Begitu banyak ilmu yang didapatkan dari hasil perbincangan tersebut, meskipun hanya sebentar. Salahsatunya adalah mengatasi kenari yang tidak mau bertelur di sarang. 

Tips mengatasi kenari yang tidak mau bertelur di sarang. Beliau mengatakan pernah mengalami kasus kenari yang tidak mau bertelur di sarang. Ketika kenari bertelur senantiasa pecah, alias tidak pada tempatnya, biasanya kalau kenari tidak mau bertelur di sarang, biasanya dilakukan di tempat pakan, tapi punya beliau tidak di tempat pakan, langsung ke dasar sangkar.. so terjun bebas telur tersebut dan ambyar alias pecah. Beliau mengalam hal tersebut sampai tiga sesi masa telur. Sampai kemudian beliau melakukan eksperimen dengan memindah sarang tersebut dari semula berada di pojok paling atas sangkar diturunkan satu level di baris kedua sangkar. Eh, ternyata masih tetap saja tidak mau bertelur di sarang. Sampai akhirnya beliau mencoba memindah sarang ke dasar sangkar. Nah .. pas sarang diletakkan di lantai dasar sangkar, akhirnya kenarinya mau untuk bertelur di sangkar, dan bisa menetas. 

Itu sedikit tips mengatasi kenari yang tidak mau bertelur di sarang. Tips ini didapatkan dari hasil obrolan daku dengan mas Riza Karang Jambe. Beliau mengakunya pemula, namun telah berhasi mengatasi kenari yang tidak mau bertelur di sarang. Inti dari tips ini kata mas Riza Karang Jambe, dalam memahami karakter burung tidak hanya difokuskan pemahaman karakter untuk menyiapkan burung dalam ajang lomba saja, tetapi dalam penyiapan burung untuk breeding juga harus paham akan karakter masing masing burung.  Ok itu dulu tips mengatasi kenari yang tidak mau bertelur di sarang. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Terakhir daku ucapkan banyak terima kasih kepada mas Riza Karang Jambe atas ilmu yang telah ditularkan semoga bisa bermanfaat bagi kawan kawan peternak kenari.

16 comments:

  1. mas, biasanya kalo kenari udah di jadiin satu kandang jantan sama betina. rata2 biasanya mulai bertelur berapa hari ya? pemula nih.

    ReplyDelete
  2. 2-3 hari om biasanya sudah bertelur, namun itu juga kondisional dalam arti dalam rentang waktu tersebut apakah proses perkawinannya lancar atau tidak. Pengertian lancar disini begitu dimasukkan langsung ngencus atau sebalikanya harus melalui proses pertarungan atau kejar kejaran, nah kalau lancar maka rentang waktu tersebut biasanya sudah bertelur. mungkin itu yang bisa saya sampaikan..maklum sama sama pemula om..

    ReplyDelete
  3. wah solusinya bagus juga tuh bos,saya pemula dan berniat belajar beternak kenari dan belakangan ini juga sama persis kejadiannya yang di ceritakan di atas sampe 5butir telur kenari bertelur terjun bebas ke dasar sangkar sampe nyesek lihatnya juga tapi sarannya boleh nih saya coba buat solusinya ya bos,mudah-mudahan berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tips dari kawan om.. semoga bisa bermanfaat..nggih..

      Delete
  4. Mau tanya om
    Kenariku gag mau ngerami telurnya kenapa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena kurang nyaman om.. posisi sarangnya.. namun bisa juga..karakter burungnya.

      Delete
  5. maaf om,saya punya betina d'rumah sudah kawin tp ko ga juga bertelur ya ?
    padahal sudah seminggu selalu kawin,emang si proses perkawinan'a saya pake sistem angkat pejantan maksud'a jika sudah selesai kawin saya pisah .
    tp ada 1 betina yg sudah seminggu melalui proses kawin angkat belum jg bertelur,padahal betina" yg lain lancar .
    mohon info'a om ??
    makasih sebelum'a .

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba om.. pejantannya tetap disatukan selama proses peneluran om.. setelah telur empat baru dipisah.. namun dengan model seperti itu tetap saja.. berarti jenis betinanya..om.. mungkin mandul.. tapi sebelum di vonis mandul.. coba dengan pejantan lain om..

      Delete
  6. Om mau tanya kl cara megawin kan pejantan ya di pegang lalu di masukan di sangkar betina lalu setelah kawin 2x saya pisah tp misah ya pejantanya tak pegang gimana om

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak pa pa biasanya daku juga pegang untuk masukin dan keluarin dari sangkar pada saat proses penjodohan..

      Delete
  7. Om, sya mau tnya kenari saya ko bertelurnya cma 1 aza g nambah2 dan itu jg gagal krena indukan nya g mau mengerami??apa betina atau penjantanya yg kurang bagus...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa faktor om..penyebabnya.. antara lain.. betinanya yang kurang bagus.. konsumsi makanan penunjang untuk produksi telur kurang.. jemur juga harus cukup.. pejantan juga bisa menjadi penyebabnya.. untuk indukan tidak mau mengerami.. bisa jadi karakter indukannya.. coba.. selama bertelur jantannya dijadikan satu..om..

      Delete
  8. om mau tanya kenari saya sudah bertelur 2 disarang tapi posisi sarangnya tidak pas ,terus saya rapihkan eh malah sekarang dia bertelur didasar sangkar ,telur yg disarang dia tidak mau erami ,kenapa ya om?

    ReplyDelete
  9. Misi om mau tanya kenapa ya kenari saya sarangnya sering dibongkar dan diacak" sekarang kenarinya bertelur kondisi ngga ad sarangnya itu solusinya gimana biar kenarinya mau bikin sarang lagi

    ReplyDelete
  10. Misi om mau tanya kenapa ya kenari saya sarangnya sering dibongkar dan diacak" sekarang kenarinya bertelur kondisi ngga ad sarangnya itu solusinya gimana biar kenarinya mau bikin sarang lagi

    ReplyDelete
  11. Misi om mau tanya kenapa ya kenari saya sarangnya sering dibongkar dan diacak" sekarang kenarinya bertelur kondisi ngga ad sarangnya itu solusinya gimana biar kenarinya mau bikin sarang lagi

    ReplyDelete