Sunday, May 12, 2013

Tips Merawat Kenari

Tips merawat kenari. Kenari saat ini boleh dikatakan burung sejuta umat, karena saking banyaknya yang memlihara kenari bahkan sudah banyak yang menjadi peternak kenari. Banyaknya peminat kenari ini karena perawatan kenari sangatlah mudah tidak seperti burung berkicau lainnya. Cukup disediakan pakan utamanya yaitu berupa biji-bijian plus air minum tentunya, serta extrafooding yang cukup mudah, serta pastinya pengeluaran untuk pakan sangatlah irit. Mungkin pengeluaran pakan agak mahal ketika sedang masa meloloh, selepas itu ehmm.. sungguh irit..

Tips merawat kenari. Meskipun begitu mudah dalam perawatan burung kenari, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar burung kenari senantiasa lincah, sehat, dan gacor tentunya. Berikut sedikit tips merawat kenari yang disadur dari beberapa opini kawan kawan kicaumania baik itu yang berasal dari bahan bacaan ataupun hasil dari berbagai obrolan dengan kawan kawan yang sudah senior di bidang perkenarian. tips merawat kenari antara lain sebagai berikut
  1. Sangkar harus senantiasa bersih, baik itu sangkarnya sendiri ataupun perlengkapan sangkar didalamnya, tempat pakan dan minum kenari, pangkringan kenari (minimal seminggu sekali disikat) karena kaki kenari rentan terkena penyakit terutama bubulen.
  2. Penempatan kenari diusahakan jangan terlalu banyak terkena hembusan angin, karena kenari rawan akan nafasnya.
  3. Sama seperti perawatan burung berkicau lainnya yaitu tetap budaya jemur harus dilakukan, biar bulu kenari tetap kinclong dan pastinya..burung kenari tambah seger
  4. Pemberian extrafooding juga perlu diperhatikan waktunya terutama untuk extrafooding yang berupa sayuran, kalau musim hujan lebih baik seminggu dua kali, namun ketika musim panas lebih baik tiap hari. Untuk telur bisa juga seminggu dua kali, agar burung tetap mendapatkan asupan protein yang cukup, tapi jangan tiap hari karena kalau kebanyakan akan mengakibatkan kegemukan. Namun, bagi kenari pada saat meloloh tetap harus tiap hari. Extrafooding bisa diselang seling antara sayuran, jagung, telur atau apel.
  5. Nah yang pasti ini dan tak boleh ditinggalkan kenali karakter burung kenari anda, karena dengan mengenal karakter kenari peliharaan kita, maka kita akan dimudahkan dalam perawatan sehari-harinya.
Itu sedikit, tips merawat kenari yang diolah dan disadur dari berbagai bahan.. baik itu studi pustaka ataupun studi obrolan..he.he.. kalau masih ada kekurangan mohon dimaafkan karena hanyalah seorang newbi yang mencoba share saja.. bro.. Apabila ada yang mau nambahin monggo silahkan...he.he..




No comments:

Post a Comment