Monday, May 13, 2013

Menseting Burung Jagoan

Menseting Burung Jagoan. Masalah seting menseting burung jagoan bisa dikatakan gampang-gampang susah, namun kayaknya lebih banyak susahnya deh..he.he.he.. Bagi para pelaku lomba burung berkicau seting menseting burung jagoan merupakan ritual yang wajib harus dilakukan untuk bisa meraih hasil yang optimal dalam suatu lomba burung berkicau. Menseting burung jagoan yang dimaksud terkait dengan pola makan terutama setelan extrafoodingnya. selain itu juga setingan persiapan kala mendekati hari H, baik itu waktu mandi burung, penjemuran.Dalam melakukan setingan burung jagoan, memang membutuhkan suatu proses dan kesabaran. Prosesnya bisa jadi sebentar ataupun bisa jadi mengalam proses yang lama, dan juga faktor sengaja dan ketidaksengajaan. 

Cucak Hijau
Tidak semua burung mempunyai setingan yang sama agar bisa tampil maksimal. Misalnya, burung cucak hijau A dan cucak hijau B.  Cucak hijau A setingannya adalah 10 jangkrik, plus hongkong 6, hal ini belum tentu berlaku untuk cucak hijau B. Bisa jadi cucak hijau B setingannya lebih sedikit jangkrik ataupun sebaliknya. Namun ada juga burung jagoan kadang tidak perlu melakukan ritual setingan yang berbelit belit cukup dengan setingan rawatan harian. Taruhlah rawatan harian efnya jangkrik 5, kroto setengah sendok teh ini misalnya lho.. berhubung mau lomba coba dirubah setingannya.. ada kawan bilang malah tidak mau bekerja di lapangan, suatu waktu mencoba ikut lomba lagi, karena saking banyaknya pekerjaan sehingga tidak sempat menseting burung jagoannya, dan setingan berdasarkan rawatan harian saja, eh malah koncer.. A. Nah ntu gimana ntu.. he.he.he.. 

Tapi yang pasti, faktor utama untuk bisa menseting dengan pas dan mancep adalah mengenali karakter atau kemauan burung jagoan, dengan mengetahui karakter burung maka akan mudah bagi para kicaumania untuk mensetingnya. Nah menurut para master kicau mania untuk mengenali karakter burung juga memerlukan sebuah proses. Dan dalam berposes tersebut, lakukanlah dengan hati yang tulus.. apabila dilakukan dengan hati maka pasti dech bisa ketemu karakter burung tersebut

Dari sedikti gambaran diatas boleh dikatakan proses menseting ini merupakan sebuah tantangan yang sangat unik dan kalau bisa menikmatinya akan menjadi suatu tantangan yang asyik punya, dimana akan terdapat kepuasan tersendiri apabila setingannya pas. Oke bro.. bukan maksud menggurui karena bukanlah seorang guru atau master kicau, cuma hanya ingin .. sedikit share saja tentang seting menseting burung, ini hanyalah sebuah catatan kecil.. yang didapat dari hasil obrolan diantara kawan kawan kicaumania. Met Berkativitas dan met berlomba, bagi kawan kawan kicaumania.

No comments:

Post a Comment